Senin, 25 Februari 2008

Competitive New Product Development

Bagaimana mengembangkan produk baru untuk memenangkan persaingan bisnis?

Saat ini product life cycle begitu pendek, serangan produk2 impor begitu gencar dan persaingan harga tak terhindarkan lagi. Bagaimana menghadapi fenomena tersebut? Banyak pakar marketing maupun business coach yang memakai strategi USP (unique selling preposition). Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana menciptakan produk dengan USP yang unggul?

Materi ini adalah jawabannya.

Langkah-langkah dalam pengembangan produk baru adalah sebagai berikut:

1. Mencari sumber gagasan produk baru
Gagasan produk baru bisa diperoleh dari top manajemen, karyawan apakah sales force, tehnisi, atau karyawan pabrik. Saran dan keluhan konsumen, produk competitor, produk lain, catalog, brosur atau iklan.

2. Creating breakthrough product
Langkah langkah untuk membuat produk unggul adalah
a. Identifikasi peluang dari sisi sosial, tehnologi, dan ekonomi
b. Understanding customer need, yaitu produk harus memenuhi aspek useful, usable dan desirable
c. Integrasikan ketiganya melalui rekasaya engeneering, industrial design dan strategi marketing

3. Scanning SET factor leads to POGs
cari tahu gap antara kondisi, social,ekonomi dan teknologi untuk menghasilkan produk yang akan dibuat

4. Integrated new product development (iNPD)
a. Gabungkan aspek desain dengan marketing melalui brand image, lifestyle image, easy to use dan cost of aesthetics sehingga menghasilkan produk yang desirable.
b. Gabungkan aspek marketing dan engineering melalui functional feature, platform, safety dan reliability menghasilkan produk yang useful
c. Gabungkan aspek desain dan engineering melalui ergonomic, product interface, feature integration, material selection, manufacturing dan cost integration menghasilkan produk yang usable.

5. Positioning Map Style Vs Technology
Posisikan produk yang dihasilkan memiliki style yang tinggi dan tehnologi yang tinggi agar mudah mencari USP.

6. State gate Process system
Lakukan pengecekan bertahap dengan state and gate system, atau test and measurement
untuk mendapatkan produk unggulan.
Selamat mengembangkan bisnis dan produk baru. Apabila Ingin mendapatkan materinya dalam format power point show agar lebih menarik, kirim e-mail ke TeguhWibawanto@gmail.com , saya akan kirim lewat japri, salam inspirasi.
(referensi: creating breakthrough product, product leadership (the clasic), portable MBA in new product development)

Tidak ada komentar: