Kamis, 22 Mei 2008

GRAB YOUR BUSINESS with balance scorecard

Bagaimana mengendalikan bisnis anda yang sedang tumbuh dengan satu lembar kertas kerja?

Seperti dikutip dalam buku balance score card
karangan Robert Kaplan dan David Norton. Bayangkan anda memasuki kokpit. Sebuah pesawat jet terbang modern dan melihat hanya ada satu instrument di sana. Bagaimana perasaan Anda saat menaiki pesawat terbang tersebut.
Sebuah bisnis
Balance score card sebagai sebuah sistem manajemen yang terintegrasi

Aspek Finansial
Pengukuran finansial meliputi revenue, gross margin, profit, iventory, profit per employee, fix cost & variable cost

Aspek Customer
Meliputi number of lead (jumlah prospek), convertion rate, jumlah customer, jumlah unit terjual, jumlah transaksi dan nilai transaksi rata-rata

Aspek Internal Proses
Meliputi jumlah iventory di gudang, ketepatan waktu dan barang pada saat delivery, jumlah retur dan jumlah komplain masa garansi

Aspek Learning and Growth
Meliputi indeks kepuasan karyawan bekerja, jumlah training dan evaluasinya, jumlah recruitment sesuai kebutuhan, turn over karyawan dan prilaku pada saat bekerja. Untuk aspek growth bias diukur jumlah cabang dan perkembangan yang significant dari perusahaan.

Dengan mengevaluasi setiap aspek tersebut paling tidak seminggu sekali, maka setiap bottle neck akan mudah diidentifikasi dengan mudah dan akan dapat mengontrol perkembangan yang pesat tanpa kehilangan kendali.

Tidak ada komentar: